ugm vs itb versi "googletrends" dan "webometrics"

Siapa sih pengguna internet yang tidak kenal google si mesin pencari ? Bahkan di beberapa milist yang saya ikuti sering tertulis "tanyakan aja pada mbah google" (sebutan mbah / simbah, pada waktu dahulu sering diartikan sebagai orang 'pintar' atau punya indera ke-6). Jadi gak ada salahnya kita juluki "mbah google".
......Btw....diawal tahun 2008 ini alamamaterku UGM tercinta, tercatat menduduki ranking ke-57 Webometric. Dahsyat memang dari peringkat 95 di th 2007 naik drastis ke posisi 57 di awal th 2008. Dan hanya 2 universitas di Indonesia yang nangkring dalam top 100 asia.


Dari tabel tsb, UGM kuat di Visibility (V) yaitu : 692 dan Size (S) :789, dari situsnya webometrics definisi visibility : Jumlah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain (inlink), yang diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil-hasilnya dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi dan kemudian dikombinasikan untuk menghasilkan peringkat. Sedangkan Size : Jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil pencarian dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi. Untuk setiap domain, hasil maksimum dan minimum tidak diikutsertakan (excluded) dan setiap institusi diberikan sebuah peringkat menurut jumlah yang dikombinasi tersebut.
Kesimpulan sementara jadi peranan mbah google cukup berperan dalam perankingan ala webometrics.

Lalu apa hubungannya dengan google trends ?



Jika kita ingin mengetahui statistik kata-kata atau keyword yang dicari sebagian besar pengguna internet di dunia atau di Indonesia ? Jawabannya.. bisa digunakan Google trends. Kita tahu bahwa setiap kata yang dimasukkan pengguna akan tersimpan di database google, termasuk asal negaranya, bahkan sampai ke provinsi/kota. Google trends akan menampilkan perbandingan kata-kata yang sering dicari di Internet. Ternyata keyword 'ugm' kalah dengan 'itb', sepanjang tahun 2004 sampai saat ini.
Tetapi celetus salah seorang dosen mipa UGM, yang juga sibuk sebagai konsultan dan praktisi IT sehingga sering kelasnya kosong, "Saat ini webometrics dan THES (the Times Higher Education Supplement) sudah menjadi tolok ukur dari dikti/diknas, sedangkan hasil perbandingan dari google trends ...ya itb lebih ngetrend lahhh ! :D

1 komentar:

  jemiro

10 November 2009 pukul 02.28

tapi dalam webo, ternyata UGM jauh mengungguli ITB,, mungkin karena 4 parameternya, artinya ke4nya mungkin mengungguli ITB ^^